Review Gadget Terbaru Realme 3 VS Redmi Note 7

Review Gadget Terbaru Realme 3 VS Redmi Note 7
Review Gadget Terbaru Realme 3 VS Redmi Note 7

Belum lama ini, lini produk Xiaomi Redmi memisahkan diri dari induknya dan secara resmi menjadi sub-merek. Kehadiran Redmi sebagai sub brand menambah ketatnya persaingan di bidang smartphone.

Merek smartphone Cina sejauh ini mendominasi sub-merek di beberapa negara, termasuk Indonesia. Misalnya Realme, Redmi, Pocophone, dan Honor.

Munculnya Redmi sebagai sub merek menambahkan anggota baru ke sub-merek Xiaomi setelah Pocophone. Redmi menargetkan segmen menengah. Sementara Pocophone menargetkan segmen premium.

Redmi dan Realme sama-sama bersaing di kelas menengah di beberapa negara, termasuk Indonesia. Pekan lalu, Realme meluncurkan smartphone terbarunya, Realme 3. Tidak mau kalah dengan daya saing, Redmi juga akan segera membawa smartphone barunya ke Indonesia, Redmi Note 7.

Baik Realme 3 dan Redmi Note 7 keduanya kisaran harga Rp. 2 juta. Keduanya mengusung performa, desain, dan kamera sebagai fitur andalan.

Realme 3 hadir dalam 3 konfigurasi, 4GB RAM dengan 64GB ROM, 3GB RAM dengan 64GB ROM dan 3GB RAM dan 32GB ROM. Sementara Redmi Note 7 hadir dalam 3 konfigurasi, 4GB RAM dengan 64GB ROM, 6GB RAM dengan 128GB ROM dan 3GB RAM dengan 32GB ROM.

Realme 3 disajikan dalam varian warna Black, Dynamic Black dan Radiant Blue. Sementara Realme 3 Redmi Note 7 tersedia dalam varian warna Biru, Hitam dan Twilight Emas.

Editor Seluler. ID melakukan perbandingan Realme 3 dengan Redmi Note 7. Varian Realme 3 yang kami bandingkan adalah 4/64 dengan warna Biru Berseri. Sedangkan Redmi Note 7 yang kami ulas adalah varian 3/32 berwarna biru dan merupakan versi Cina.

Manakah yang lebih unggul dari Realme 3 atau Redmi Note 7? Simak ulasan berikut ini.

Review Gadget Terbaru Realme 3 VS Redmi Note 7
Review Gadget Terbaru Realme 3 VS Redmi Note 7

Review Gadget Terbaru Realme 3 VS Redmi Note 7

Dari segi desain, Redmi Note 7 hampir sama dengan Realme 3. Perbedaannya hanya sedikit.

Radiant Blue color dengan gradasi warna pada bodi belakang menambah kesan Realme yang elegan 3. Radiant Blue memadukan efek cermin berwarna biru dan hijau. Ketika Realme 3 terkena pantulan cahaya, gradasi warna lebih terlihat.

Realme 3 menampilkan desain unibody yang dibungkus dengan bahan polycarbonate. Tubuh Realme 3 menyerupai sandwich dan terdiri dari layar, bingkai, dan penutup belakang. Garis samping tubuh yang nyaris tidak terlihat membuat seluruh tubuh Realme 3 terlihat lebih halus, lebih ringan, dan lebih tipis.

Sementara para pesaingnya, Redmi Note 7 juga tidak mau kalah dengan mengusung gradasi warna. Terlepas dari gradasi warnanya, desain keseluruhan Redmi Note 7 cukup umum.

Realme 3 memiliki berat 175g dan dimensi 156,1 x 75,6 x 8,3 mm.

Sedangkan Redmi Note 7 memiliki bobot lebih berat mencapai 186g dan dimensi yang lebih luas yaitu 159,2 x 75,2 x 8,1 mm. Saat digenggam, jelas Redmi Note 7 lebih berat dari Realme 3.

Ketika kami memegang Realme 3, itu cukup nyaman dan tidak terlalu berat. Lengkungan atau lengkungan menambah kenyamanan Realme 3 saat digenggam.

Seperti halnya Realme 3, Redmi Note 7 juga memiliki sudut melengkung. Saat digenggam itu cukup nyaman, tapi lebih berat.

Kamera utama ganda 13MP + 2MP, LED Falsh, sensor sidik jari, dan logo Realme ditampilkan di bagian belakang Realme 3. Sementara bagian belakang Redmi Note 7 dimasukkan ke kamera utama 48 MP + 5 MP, LED Flash, sidik jari, dan logo Redmi.

Bodi belakang Redmi Note 7 dibuat lebih rata. Sementara bodi belakang Realme 3 sedikit lebih cembung.

Layar lebar 6,2 inci memanjang di bagian depan Realme 3. Di bagian atas layar terdapat tetesan embun sebagai wadah untuk kamera selfie 13MP dan penerima speaker.

Sedangkan Redmi Note 7 memiliki layar lebih lebar dari Realme 3 dengan rentang 6,3 inci yang memanjang di bagian depan. Di layar ada juga takik yang memegang speaker penerima dan kamera selfie 13 MP.

Sisi kiri Realme 3 adalah tombol volume naik dan turun dan slot MicroSD. Sementara sisi kiri Redmi Note 7 memiliki slot MicroSD.

Sisi kanan Realme 3 hanya memiliki tombol power. Sementara sisi kanan Redmi Note 7 memiliki tombol volume naik dan turun dan tombol power.

Bagian bawah Realme 3 dimasukkan port microUSB 2.0, jack audio 3,5 mm, dua lubang mic dan sebuah speaker. Sementara bagian bawah Redmi Note 7 memiliki port USB tipe-C yang diapit oleh dua speaker.

Bagian atas Realme 3 polos, tidak ada yang ditemukan. Sementara bagian atas Redmi Note 7 dilengkapi dengan jack audio 3,5 mm dan lubang mic.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*