Review Gadget Terbaru Oppo A3s

Review Gadget Terbaru Oppo A3s

Juli lalu, Oppo meluncurkan smartphone entry-level terbarunya, A3s. Meski kelas menengah, perangkat ini menghadirkan spesifikasi dan fitur seperti smartphone premium Oppo. Salah satu fitur dan spesifikasi yang dapat diandalkan di Oppo F9. Oppo A3 membawa baterai besar dengan daya ekonomis sebagai fitur andalan. Desain takik yang digunakan oleh telepon premium Oppo masih diadopsi di A3 oposisi. Mulai dari baterai besar, layar lebar, teknologi AI di kamera dan sektor lainnya, ruang game, desain glossy, UI ColorOS 5.1, MusicParty, Kids Space, Applock dan banyak lagi.

Dibandingkan dengan teman sekelas di pasar di pasar, A3s membawa layar penuh sebagai fitur andalan. Layar penuh jarang ditemukan di smartphone dengan harga Rp. 2 juta di pasaran. Begitu juga dengan baterai berkapasitas besar 4.230mAh yang dimiliki oleh Oppo A3s jarang tersedia di ponsel dengan kisaran harga 2 juta.

Oppo A3 datang dalam dua model penyimpanan yaitu 2GB RAM dengan 16GB ROM dan 3GB RAM dengan 32GB ROM. Model RAM 3GB ini dibanderol dengan harga IDR 2.699.000. Sedangkan RAM 2GB dirilis dengan harga Rp. 1.999.000. Oppo A3 tersedia dalam varian merah dan ungu tua. Kali ini Editor Selular.ID memiliki kesempatan untuk meninjau varian Oppo A3 dari ROM 16GB merah. Seperti apa ulasannya?

Review Gadget Terbaru Oppo A3s
Review Gadget Terbaru Oppo A3s

Review Gadget Terbaru Oppo A3s

– Desain

Dari segi desain, Oppo A3s terlihat elegan dengan balutan warna merah. Bagian belakang ponsel ini menggunakan jenis material komposit jenis kaca tempered. Kombinasi merah dengan bahan kaca tempered menghasilkan pantulan warna yang indah. Layar lebar 6,2 inci ditampilkan di bagian depan ponsel ini. Takik di atas layar terpasang sebagai wadah untuk mengakomodasi kamera selfie 8 MP, speaker penerima, Pemberitahuan LED dan sensor jarak. Bagian depan perangkat ini terlihat lebih luas berkat ukuran dan takik layar yang lebih besar.

Kamera utama ganda masing-masing memiliki resolusi 13MP dan 2 MP yang terpasang di bagian belakang perangkat ini. Masih di belakang, ada juga LED Flash dan logo Oppo. Sisi kanan ditemukan volume naik dan turun dan slot MicroSD. Sementara sisi kiri hanya ditemukan tombol power.

Bagian bawah ponsel ini ditemukan speaker, port USB, port mic, dan jack audio 3,5mm. Sementara bagian atas telepon hanya polos, tidak ada yang ditemukan. Oppo A3 memiliki dimensi 156,2 × 75,6 × 8.2mm. Bobotnya cukup ringan hanya 168g. Ketika digenggam atau dimasukkan ke dalam saku, itu benar.

– Kamera

Oppo A3 menyematkan kamera utama ganda dengan resolusi 13MP masing-masing dengan aperture f / 2.2 AF dan 2 MP, f / 2.4 didukung oleh kedalaman sensor. Kamera selfie didukung oleh resolusi 8MP dengan bukaan f / 2.2. Baik kamera utama dan selfie Oppo A3 telah didukung oleh teknologi AI. Tampilan kamera utama dan selfie sederhana, tidak banyak mode dan filter yang disertakan. Untuk kamera utama ada mode foto, potret dan panorama. Sedangkan menu kamera selfie hanya memiliki mode foto dan panorama.

A3 didukung oleh fitur A.I Beautification yang pertama kali diperkenalkan dalam OPPO R11s dan kemudian dibawa ke seri F dan seri A. Teknologi ini dapat mengidentifikasi wajah hingga lebih dari 200 poin. A.I Beautify 2.0 dapat menyesuaikan bagian-bagian tubuh terutama di leher, sehingga hasilnya tidak akan berbeda antara wajah dan leher.

Fitur A.I Beautification ini dapat bekerja di kamera utama atau selfie. Fitur ini ditujukan untuk foto-foto benda manusia dengan kamera utama atau selfie. Anda dapat mengatur sendiri tingkat efek kecantikan yang diinginkan dari 1 hingga 6 pada ikon manusia. Untuk mode kamera depan AI tersedia pada menu kecantikan dan levelnya sama dari 1 hingga 6.

Kami adalah Editor Seluler. ID menguji fitur A.I Beautification menggunakan kamera selfie dan kamera utama. Ketika di dalam ruangan dan kondisinya cukup ringan, hasilnya cukup bagus. Efek kecantikannya tidak berlebihan sehingga foto tetap terlihat alami.

Namun, saat berada di luar ruangan, hasilnya tidak maksimal. Foto yang dihasilkan terlihat lebih terang dan tidak alami. Sementara di malam hari atau dalam kondisi cahaya rendah terutama di luar ruangan, hasilnya jauh dari sempurna. Kebisingan masih terlihat jelas. Saat berurusan dengan LED Flash, hasil aktivitas mandiri tidak maksimal. Namun, ketika selfie cahaya rendah menggunakan LED Flash itu jauh lebih baik daripada tidak menggunakan LED Flash.

Bahkan dalam mode foto tanpa menggunakan efek kecantikan, hasil selfie saat di luar ruangan dan cahaya sudah cukup tidak memuaskan. Warna yang dihasilkan kurang alami dan terlihat lebih cerah. Terkadang wajah dan langit hampir terlihat sama dengan putih. Hal yang sama terjadi pada kamera utama. Dalam kondisi cerah dan outdoor, foto yang dihasilkan tidak maksimal. Warna yang dihasilkan kurang alami dan terlihat lebih cerah.

Jika di ruangan dengan kondisi cahaya yang cukup, foto dari objek apa pun terlihat jauh lebih baik. Warna yang dihasilkan lebih alami. Untuk kombinasi warna yang lebih baik, Anda dapat menggunakan mode HDR pada kamera utama atau selfie.

Dalam cahaya rendah atau malam dan kondisi luar ruangan, masih ada suara yang terlihat. Mungkin Anda dapat menggunakan LED Flash untuk foto cahaya rendah yang lebih baik. Kamera utama Oppo A3 juga dilengkapi mode zoom 1x dan 2x. Mode pembesaran 2x ini memudahkan Anda untuk mengambil gambar tanpa harus mengatur mode pembesaran manual.

Mode zoom 2x juga terlihat lebih baik saat berada di ruangan dengan pencahayaan yang cukup. Selebihnya, hasilnya tidak maksimal dan cenderung pecah. Baik kamera utama dan selfie keduanya memiliki efek bokeh. Di kamera utama, Anda dapat menggunakan mode potret untuk mendapatkan efek bokeh.

Sedangkan untuk selfie, Anda dapat memilih mode efek kedalaman untuk efek bokeh. Efek bokeh yang dihasilkan terlihat lebih alami baik pada kamera utama maupun selfie. Untuk video, menu video dan selang waktu disediakan untuk kamera utama dan selfie. Ada dua pilihan resolusi yang bisa dipilih, yaitu 720p dan 1080p. Anda juga dapat menggunakan efek keindahan pada video dengan kamera belakang dan depan. Video yang dihasilkan oleh kamera utama dan selfie cukup bagus.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*