Gadget Review Terbaru Huawei P30 Pro

Gadget Review Terbaru Huawei P30 Pro
Gadget Review Terbaru Huawei P30 Pro

Seri P30 baru saja diluncurkan oleh Huawei pada akhir Maret 2019. Seperti halnya Khittah, huruf P yang diusung perangkat ini mengedepankan sektor fotografi dengan lensa Leica yang dibawanya.

Ada banyak perbaikan yang dilakukan oleh Huawei pada seri P30 dibandingkan dengan seri P20 pendahulunya. Tentu saja begitu juga dengan P30 Pro, yang akan saya ulas kali ini.

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, meskipun memprioritaskan keunggulan di sektor fotografi, fitur yang ditawarkan pada Huawei P30 Pro sebagai smartphone premium tidak dapat diterima begitu saja. Bagi saya smartphone ini adalah perpaduan sempurna dari smartphone premium.

Tubuh Huawei P30 Pro dibalut dengan kombinasi kaca dan logam di sekitarnya dengan desain warna yang menarik.

Warna kristal pernafasan yang saya pegang itu memiliki gradasi yang terbuat dari Sembilan film optik nano yang akan berubah warna sesuai dengan sudut iluminasi.

Smartphone ini memiliki layar OLED ukuran 6,7 inci dengan resolusi 2,340 x 1,080 piksel. Dengan kualitas layar, Huawei P30 Pro menampilkan visual yang sangat nyaman di mata penggunanya baik menonton video maupun bermain game.

Lengkungan di kedua tepi dan permukaan membuat Huawei P30 Pro terlihat mewah dan nyaman untuk dipegang dengan ketebalan perangkat hanya 8,41 mm dan berat 192 gram.

Gadget Review Terbaru Huawei P30 Pro
Gadget Review Terbaru Huawei P30 Pro

Gadget Review Terbaru Huawei P30 Pro

– Kinerja

Untuk mendukung kinerja smartphone ini Huawei menanamkan chipset buatan sendiri terbaru, 7nm Kirin 980 dengan teknologi AI, 8GB RAM.

Ruang penyimpanan internal pada perangkat yang saya pegang memiliki kapasitas 256GB. Huawei juga menawarkan opsi penyimpanan lain yang mencakup 128GB dan 512GB.

Sebagai sistem operasinya, Huawei P30 Pro menggunakan Adroid 9 Pie yang dibungkus dengan antarmuka EMUI 9.1.

Berdasarkan pengukuran yang dilakukan dengan menggunakan dua aplikasi benchmark, hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut:

Huawei P30 Pro juga dilengkapi dengan GPU Turbo 3.0 yang membuat pengalaman bermain game lebih baik.

Kombinasi CPU, GPU dan NPU adalah apa yang membuat kinerja smartphone premium Huawei cukup luar biasa dengan konsumsi daya yang cukup efisien.

Saat digunakan untuk memainkan PUBG Mobile, game ini dapat dimainkan dengan lancar tanpa lag dengan pengaturan grafis HDR dan kecepatan frame ultra.

– Fitur

Sebagai smartphone premium, tentu saja kami berharap banyak fitur yang dapat diperoleh pada perangkat yang kami miliki.

Yup, Huawei P30 Pro juga menawarkan fitur yang menurut saya cukup lengkap, seperti fitur NFC yang terpasang pada smartphone ini.

Keberadaan fitur NFC ini sangat penting bagi saya mengingat beberapa aplikasi pembayaran yang saya gunakan memerlukan fasilitas ini. Dengan fasilitas NFC ini juga memudahkan saya untuk mengisi ulang saldo e-money yang saya gunakan untuk membayar parkir atau jalan tol kapan saja dan di mana saja.

Huawei juga melengkapi P30 Pro dengan fitur inframerah dengan blaster di bagian atas smartphone.

Meskipun saya jarang menggunakan fitur ini, ini dapat membuatnya lebih mudah bagi pengguna untuk menggunakan daripada remote control dari beberapa perangkat elektronik.

Yang paling penting, Huawei P30 Pro memiliki fitur keamanan lengkap. Pengguna dapat memanfaatkan fitur pengenalan wajah, kata sandi layar kunci atau sidik jari untuk mengamankan perangkat.

Untuk keamanan dengan sidik jari, Huawei P30 Pro di sensor sidik jari layar. Proses pengenalan sidik jari cukup merepotkan karena Anda harus meletakkan jari beberapa kali untuk dipindai.

Sensor sidik jari ini dapat berfungsi dengan baik dengan berbagai posisi jari yang akan mengaksesnya. Tetapi sensor tidak dapat mengenali kapan jari basah. Jadi pastikan jari Anda dalam kondisi kering untuk membuka perangkat.

– Baterai

Huawei melengkapi P30 Pro dengan baterai 4.200 mAh. Dengan kapasitas baterai sebesar ini dan dalam penggunaan normal, perangkat akan mampu bertahan sepanjang hari tanpa harus membayarnya.

Huawei juga menyelesaikan pengisian daya dengan menyediakan fitur SuperCharge 40w yang dapat mengisi daya hingga 70 persen dalam waktu 30 menit.

Fitur pengisian daya nirkabel terbalik juga tersedia di Huawei P30 Pro, yang menjadikan perangkat ini powerbank untuk mengisi daya ponsel cerdas lainnya.

Saya mencoba menggunakan fitur ini untuk mengisi daya ponsel cerdas saya yang lain yang memiliki fitur pengisian daya nirkabel.

Dalam mengisi waktu 15 menit, Huawei P30 Pro mampu mengisi 5 persen dari ponsel cerdas saya yang lain. Sementara dalam proses pengisian, daya yang berkurang di Huawei P30 Pro adalah sebanyak 8 persen.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*